HUKUM MUSLIM MASUK GEREJA

HUKUM MUSLIM MASUK GEREJA


Syaikh Mahfudz Termas dalam kitabnya menjelaskan bahwasanya shalat di dalam gereja ini hukumnya Makruh (sebaiknya tidak dilakukan) meskipun itu merupakan gereja yang baru dibangun.

Hukum makruh ini berlaku apabila mendapatkan izin untuk memasuki gereja tersebut, tapi jika tidak ada izin, maka hukumnya haram shalat di dalam gereja. Begitu juga haram, jika di dalam gereja tersebut terdapat gambar yang diagungkan seperti gambar yesus, dan lainnya.

Ibnu Al ‘Imad menyatakan;  _*Haram hukumnya memasuki gereja yang terpampang gambar-gambar yang diharamkan oleh syara’ dan ia tidak mampu untuk menghilangkan atau melenyapkan gambar-gambar tersebut.*_

Dalam Syarah Al ‘Ubab pun dijelaskan bahwasanya ulama yang memperbolehkan memasuki gereja ini dengan *syarat tidak akan menimbulkan mafsadah, seperti memperbanyak golongan mereka, mengesankan pengesahan terhadap peribadatan mereka dan mengagungkan tempat peribadatannya atau gereja.*

Namun jika terpaksa hal itu harus dilakukan (masuk gereja;  _*misalkan karena hujan atau takut pada musuh atau binatang buas, atau sebab adanya undangan resmi dari pihak orang kafir/ gereja untuk seorang muslim masuk ke dalam gereja dengan tujuan Syi'ar Agama, menyampaikan, memberitahukan ajaran dan kebenaran agama Islam, bukan untuk hal lain seperti berdoa, atau bershalawat, bertoleransi di dalam gereja, terlebih jika mengikuti mereka disaat peribahannya*_  maka ini hukumnya Boleh tanpa ada kemakruhan, selama yang tersebut diatas. Diluar itu maka hukumnya Makruh bahkan bisa jadi Haram.

_*Tidak boleh (haram) bagi seorang muslim dengan sengaja masuk ke dalam gereja, terlebih jika di dalam gereja atau tempat ibadah orang kafir, ia malah berdoa, shalat, bershalawat, membaca ayat Al-Qur'an dan zikir-zikir, atau melegalkan, mendukung dan membela atas kemusyrikan, kedurhakaan dan perbuatan syirik mereka yang menyekutukan Allah Azza Wa Jalla*_

Bertoleransi dalam hal agama dengan umat beragama lainnya, cukup kita menghargai dan menghormati, saling menjaga dan berakhlak mulia, tidak menyakiti dan tidak mengganggu keyakinan dan ibadah serta tempat ibadah mereka. Berbuat baik kepada mereka sebagai sesama makhluk ciptaan Allah Azza Wa Jalla, tapi bukan dalam hal urusan ibadah, keyakinan dan pembelaan terhadap mereka yang jelas-jelas pelaku kemusyrikan, kafir sebab menyekutukan Allah Azza Wa Jalla.

* Kesimpulannya, untuk konteks zaman sekarang, yang di gereja pasti terdapat patungnya, atau gambar yesus, atau dewa dan lain sebagainya atau gambarnya yang selalu di puja, dimuliakan dan diagungkan oleh pengikutnya, maka memasuki gereja dengan kondisi yang demikian hukumnya adalah Haram, kecuali kalau memang dalam keadaan terpaksa.

📚📖
1. Hasyiyah At-Tarmasi juz 2 hal. 398-399

قوله وفي الكنيسة) أي تكره الصلاة فيها ولو جديدا ومحل الكراهة إن دخلها بإذنهم وإلا حرمت صلاته فيها لأن لهم منعنا من دخولها هذا إن كانوا يقرون عليها وإلا فلا وكذا يحرم دخولها إن كان فيها صورة معظمة كما ذكروه في كتاب السير (قوله كالسوق) تمثيل لأمكنة المعاصي وفي الإحياء الكراهة ايضا في الرحاب الخارجة عن المسجد قال ع ش وينبغي أن محل الكراهة فيها حيث كان ثم من يشغله ولو احتمالا أما إذا قطع بانتفاء ذلك ككونه في رحبة خالية ليلا فلا كراهة وذمثله يقال في الأسواق حيث لم تكن محل معصية تأمل (قوله الكنيسة) قال في التحفة بفتح الكاف متعبد اليهود وقيل النصارى والبيعة بكسر الباء متعبد النصارى وقيل اليهود انتهى قال في شرح العباب إن دخلها بإذنهم وإلا حرمت صلاته فيها لأن لهم منعنا من دخولها إن كانوا يقرون عليها وإلا فلا قال ابن العماد ككنائس مصر وفي إطلاقه نظر قال يحرم دخولها إن كان فيها تصاوير ولا يقدر على إزالتها انتهى وصرح غيره يحل دخولها وإن كان فيها صور ويمكن حمله على صور غير مرفوعة معظمة أو صور منصوبة بغير محل الجلوس قال وشرط الحل أيضا أن لا تحصل مفسدة من تكثير سوادهم وإظهار شعارهم وإيهام صحة عبادتهم وتعظيم متعبداتهم وهو ظاهر انتهى كلام شرح العباب بحروفه وذكر نحوه في الإمداد مختصرا وفي النهاية يمتنع علينا دخولها عند منعهم لنا منه وكذا إن كان فيها صورة معظمة كما سيأتى (قوله لأنها مأوى الشياطين) يؤخذ من هذا واستدل بذلك أي بحديث الوادي السابق قال في القديم قال بعضهم ومأوى الشياطين كل موضع غير مأهول كالمغارات والشعوب والأرحبة الخراب قال صاحب الوافي كل موضع يتشوس الإنسان منه ويحصل له الوهم والخوف منه مأوى الشياطين إنتهى وظاهر حديث الوادي أنه إن ظهر لأحد شيطان في موضع كرهت الصلاة فيه أبدا

2. Al-Fiqh Al-Islami Wa Adillatuhu juz 2 hal. 981

الكنيسة (معبد النصارى) والبِيعة (معبد اليهود) ونحوهما من أماكن الكفر: تكره الصلاة فيها عند الجمهور وابن عباس، مطلقاً عامرة أو دارسة؛ إلا لضرورة كحر أو برد أو مطر، أو خوف عدو أو سبع، فلا كراهة

Semoga Bermanfaat