Jangan Sombong

Jangan Sombong

Nabi Muhammad SAW bersabda :

من تواضع رفعه الله ومن تكبر وضعه الله

Yang tawadhu’ akan Allah tinggikan derajatnya, Sedang yang takabbur, akan Allah rendahkan derajatnya.
Ta’lim Mutaallim; Syaikh Ibrahim bin Ismail

Tawadhu' atau Tidak menyombongkan diri. Hindari sikap sombong atau merasa paling hebat, karena sifat sombong berlawanan dengan Tawakkal, dan sifat sombong akan menutup pintu Rahmat dari Allah SWT. Kita ingat sejarah iblis, karena kesombonganya hingga mendapat gelar La'natulloh 'alaih. Oleh karna itu hendaklah kita bersifat rendah hati, tidak merasa bangga atas ilmu, kekuasaan, harta dan apapun yang dititipkan kepada kita, tidak merasa hebat ketika bisa membantu orang lain, dan tetap menghormati orang lain meskipun mempunyai kelebihan yang tidak dimiliki orang lain.

Di dalam kerendahan hati itu, kita hendaknya hanya melihat kelebihan orang lain dan kita berkata "Barangkali, menurut pandangan Allah, orang itu lebih baik dan lebih mulia kedudukanya daripada diriku".

Alangkah baiknya kita Intropeksi diri sebelum dikoreksi malaikat, dan jangan suka mengoreksi orang lain perihal kesombongan.

من اثبت لنفسه تواضعا فهو المتکبر حقا ، اذ لیس التواضع الا علی رفعة ، فمتی اثبت لنفسك تواضعا فانت المتكبر حقا

Ibnu Atoillah dalam kitabnya Al-hikam, Beliau berkata:

Siapa yang merasa dirinya tawadhu' (randah hati), berarti ia orang  benar-benar orang yang sombong (takabur). 

Sebab, anggapan diri tawadhu' tidak akan muncul kecuali dari sikap tinggi hati. Maka, saat engkau sendiri  menyandangkan tawadhu' itu pada dirimu, berarti engkau benar-benar orang yang sombong.

Subhanalloh, begitu lembutnya sifat sombong yang bisa masuk ke dalam hati tanpa kita sadari.

Semoga kita dijauhkan dari sifat sombong, Aamiin Yaa Robbal 'alamiin.